Waduh, Antartika Terus Meleleh

Friday, March 20, 2009

INILAH.COM, Washington - Pemanasan global semakin membahayakan kelangsungan hidup seluruh penghuni bumi. Para ahli memprediksikan planet ini akan terendam karena Antartika terus meleleh seiring dengan suhu bumi yang memanas. Aduh!

Daratan es di Antartika Barat, sejak 3-5 juta tahun yang lalu hingga saat ini masih terus kolaps. Akibatnya, berdasarkan penelitian sisa wilayah yang berada di bawah daratan laut Ross, ketinggian permukaan laut global bertambah lebih dari 5 meter.

Kolapsnya dataran es itu, menurut perkiraan model komputer terbaru juga dipicu oleh suhu perairan Antartika yang mulai menghangat.

“Apa yang terjadi di masa lalu ini merupakan sebuah gambaran bahwa kita akan kehilangan dataran es di Antartika Barat,” demikian paparan direktur Antarctic Research Centre di Victoria University Selandia Baru, Tim Naish. Ia memimpin sebuah studi yang dilansir jurnal Nature edisi Kamis (19/3), seperti dikutip AP.

Ukuran Antartika Barat kira-kira sebesar bagian tenggara benua Amerika. Selama beberapa tahun belakangan ini, dataran es sedikit demi sedikit terpotong. Beberapa di antaranya sudah kolaps atau meleleh. Para ahli memantau perkembangan dataran tersebut dan mengkhawatirkan pelelehan seluruh kawasan itu.

Beruntung pelelehan itu terjadi dalam ratusan atau ribuan tahun mendatang, lebih lambat dari yang selama ini diprediksikan. Sebuah penelitian lainnya pernah menyimpulkan, Antartika Barat akan kolaps jika terjadi perubahan suhu yang mencapai 9 derajat. Perubahan itu diperkirakan tercapai pada 2100.

Jika pelelehan itu disebabkan oleh air laut yang hangat, maka menghentikan atau membalikkan proses itu akan semakin sulit. Dosen geoscience University of Massachusetts, Robert DeConto yang juga menulis studi itu, mengatakan iklim di Antartika Barat lebih cepat menghangat ketimbang bagian bumi lainnya.

Pesan yang disampaikan laporan itu, para ahli harus secepatnya menemukan cara menekan emisi global atau level permukaan laut global akan bertambah 5 meter lagi beberapa abad ke depan. Antartika Barat meleleh secara teratur setiap 40 ribu tahun sekali ketika temperatur bumi 5 derajat lebih hangat dan level CO2 tinggi. Pelelehan itu mengubah juga derajat kemiringan bumi. [vin]


Source: http://www.inilah.com/berita/teknologi/2009/03/20/92163/waduh-antartika-terus-meleleh/

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments: